Pengertian dan Contoh Kalimat Articles (A, An, dan The)

Advertisement
.
Pengertian dan Contoh Kalimat Articles (A, An, dan The) – Dalam bahasa inggris, selalu saja ada sesuatu yang mirip namun belum tentu sama, penggunaannya juga berbeda-beda, ditambah lagi kadang ada sesuatu yang mirip dan dikira beda namun ternyata sama, inilah kebingungan yang sering dialami oleh pemula dalam bahasa inggris, termasuk oleh saya dulu. Saya saat umur 13 tahun, kira-kira 9 tahun yang lalu sejak artikel ini dibuat juga sering mengalami kebingungan dalam mempelajari bahasa inggris, namun seiring berjalannya waktu dan dipengaruhi lingkungan yang sangat kental nuansa English, sedikit demi sedikit saya mulai paham dan menghilanglah rasa bingung yang dulu saya alami.

Salah satu yang kerap membuat bingung adalah tentang articles/ penggunaan kata a, an, dan the. Sebenarnya penggunaan kata a, an, dan the ini cukup mudah untuk dibedakan, hanya butuh beberapa menit saja untuk memahami articles ini karena memang materi ini terbilang cukup ringan dan mudah dipahami. Oke, mungkin tidak perlu lama-lama lagi, langsung saja ke pembahasan, berikut adalah pembahasan mengenai pengertian articles dan contoh kalimat articles yang dapat anda simak.

Pengertian dan Contoh Kalimat Articles (A, An, dan The)
Pengertian Articles
Articles adalah kata sandang dan digunakan pada kata benda (noun), articles ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu definite article (The) dan indefinite articles (A, dan An). Definite articles hanya digunakan pada hal yang telah jelas atau sudah dibicarakan sebelumnya sehingga hal tersebut menjadi hal yang spesifik, atau dapat juga untuk menunjukkan kata benda yang merupakan suatu pengetahuan umum sehingga orang-orang pada umumnya telah paham dan mengetahuinya, dan definite articles ini dapat digunakan pada semua jenis noun, baik singular noun, plural noun, maupun uncountable noun (benda yang tidak dapat dihitung).

Baca juga materi Kata benda (Noun).

Sedangkan indefinite articles yang terdiri dari a, dan an digunakan pada hal yang belum jelas, umum, dan tidak spesifik, dapat dikatakan bahwa ini merupakan kebalikan dari definite articles. Indefinite articles hanya digunakan pada singular countable noun (benda tunggal yang dapat dihitung) saja. Penggunaan a dan an ini juga berbeda, a digunakan pada noun yang diawali oleh pengucapan huruf mati, sedangkan an digunakan untuk noun yang diawali oleh pengucapan huruf hidup (a, u, i, e, o). Ingat ya, pengucapan, artinya suara bukan letter. Sebagai contoh: university, maka menjadi “a university” karena dibaca “yuniversity”, pengucapan huruf pertama adalah “y”. Contoh lagi, hour, maka menjadi ‘an hour” karena dibaca “auer”, pegucapan huruf pertama adalah “a” yang merupakan huruf hidup.

Dalam menggunakan a dan an ini bener-bener harus hati-hati, seperti yang saya contohkan diatas bahwa suatu kata benda yang memiliki huruf pertama huruf mati ternyata pengucapan huruf pertamanya merupakan huruf hidup dan begitu juga sebaliknya, sehingga anda harus tahu terlebih dahulu cara bacanya sebelum menggunakan a dan an.

Untuk memberi gambaran yang lebih jelas kepada anda tentang penggunaan definite dan indefinite articles, coba anda perhatikan contoh berikut ini:
  • I was in a Japanese restaurant. The restaurant served good food.
Penggunaan a dalam kalimat tersebut untuk menunjukkan hal yang masih umum dan tidak spesifik, sedangkan penggunaan the menunjukkan hal yang sudah jelas dan telah dibicarakan sebelumnya. Lihat contoh kalimat articles lainnya pada akhir postingan ini.

Contoh lain:
  • Let's read the book
  • Let's read a book
Pada contoh pertama, yang saya maksud adalah membaca buku tertentu yang sudah jelas, misalkan ada buku ekonomi di meja, maka saya akan mengatakan “let’s read the book” untuk mengajak membaca buku ekonomi tersebut. Berbeda dengan contoh yang kedua, dalam contoh kedua saya mengajak membaca buku apa saja, misalkan saya dan anda di depan perpustakaan, karena tidak ada kerjaan maka saya mengajak anda untuk membaca sebuah buku, buku apa saja.
Advertisement




Pengecualian Untuk Indefinite Articles
Indefinite articles hanya digunakan pada benda tunggal saja, tapi ada beberapa penggunaan a dan an yang tidak menunjukkan tunggal namun jamak. Walaupun menggunaan a dan an yang menunjukkan jamak ini tidak bisa dibilang sebagai indefinite articles, namun perlu juga untuk anda ketahui karena hal ini bisa saja menjebak anda nantinya. Berikut beberapa contoh penggunaan a dan an yang bermakna jamak.
A dan an yang berarti jamakArti Contoh
A couple ofBeberapaA couple of apples
A fewSedikit (tapi lebih dari satu)A few apples
A number ofBeberapaA number of apples
A littleBeberapaA little rice
An amount ofBeberapaAn amount of rice
A deal ofBeberapaA deal of rice
A lot ofBeberapa/banyakA lot of rice

Contoh Kalimat Articles
Oke, setelah anda paham dengan apa yang dimaksud articles, kini saatnya anda mencermati beberapa contoh kalimat articles agar pemahaman anda semakin baik, berikut contoh kalimatnya:
Contoh kalimat articlesArti
I watched a movie last night.Saya menonton film tadi malam.
Look at the man over there is unfriendly.Lihatlah orang yang disana tidak ramah.
I read an amazing story.Saya membaca sebuah cerita yang luar biasa.
I live in an apartment. The apartment is new.Saya tinggal di sebuah apartemen. Apartemen baru.
My daughter really wants a dog for Christmas.Putri saya benar-benar menginginkan anjing untuk Natal.
The dog that bit me ran away.Anjing yang menggigit saya lari.
I was happy to see the policeman who saved my cat!Saya senang melihat polisi menyelamatkan kucing saya.
Shanti buys a story book. The story book was written by Jennifer Lula.Shanti membeli buku cerita. Buku cerita ini ditulis oleh Jennifer Lula.
He kicked the ball. Dia menendang bola.
When I was at the zoo, I saw an elephant.Ketika saya berada di kebun binatang, saya melihat gajah.

Zero Article
Ada juga kata benda yang tidak perlu menggunakan article, baik indefinite articles maupun definite article. Kata benda yang tidak perlu menggunakan article diantaranya adalah untuk nama bahasa, nama olahraga, dan academic subjects (mathematics, biology, history, computer science, etc).
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan dan pembahasan mengenai pengertian articles dan contoh kalimat articles yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang pengertian dan contoh kalimat articles diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman anda semuanya.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon