Penjelasan dan Contoh Kalimat Positif Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
.
Penjelasan dan Contoh Kalimat Positif Dalam Bahasa Inggris – Terdapat beberapa bentuk kalimat yang sering digunakan dalam berkomunikasi, baik menggunakan bahasa inggris maupun bahasa Indonesia, diantaranya adalah kalimat bentuk negative, interogatif, negative interogatif, dan yang terakhir adalah bentuk kalimat positif. Bentuk positif dari suatu kalimat merupakan bentuk dasar dan umum dari semua bentuk kalimat lainnya. Dalam tenses, kalimat positif juga merupakan dasar dalam penggunaan rumus umum dalam suatu tenses tersebut. Sedangkan penggunaan kalimat positif bermacam-macam, sekali lagi tergantung dengan tense yang digunakan.

Nah bagi anda yang belum begitu mengerti tentang kalimat positif, mungkin pembahasan dalam materi ini bisa membantu.

Pembahasan kali ini akan mengulas tentang contoh kalimat positif dalam bahasa inggris sesuai dengan tenses yang digunakan, berikut pembahasannya.

Penjelasan dan Contoh Kalimat Positif Dalam Bahasa Inggris

Kalimat Positif Dalam Present Tense
Present tense terbagi menjadi empat jenis, yaitu simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense, rumus dari masing-masing jenis tersebut sebagai berikut:

Simple present tense = S + is/am/are + non verb atau S + verb 1
Present continuous tense = S + is/am/are + verb.ing
Present perfect tense = S + have/has + verb 3
Present perfect countinuous tense = S + have/has + been + verb.ing

Sebagai contoh:
  • Budi usually comes on time. (Budi biasanya datang tepat waktu.)
  • I am Javanese. (Saya orang jawa.)
  • Smoking damages lungs. (Merokok merusak paru-paru.)
  • She is reading a book. (Dia sedang membaca buku.)
  • We are discussing about accounting. (Kami mendiskusikan tentang akuntansi.)
  • Dina has finished her report. (Dina telah menyelesaikan laporannya.)
  • They have lived in Bali since 2010. (Mereka telah tinggal di Bali sejak tahun 2010.)
  • Budi and Yusuf have been living in boarding house for two years. (Budi dan Yusuf telah tinggal di kost selama dua tahun.)
  • My cute Teacher has been teaching me English since last month. (Guru saya yang imut telah mengajar/I saya bahasa inggris sejak bulan lalu.)
Baca selengkapnya: Materi present tense.

Kalimat Positif Dalam Past Tense
Past tense merupakan tenses yang digunakan untuk masa lampau, terdapat 4 jenis pula, berikut rumus yang digunakan:

Simple past tense = S + was/were + Non verb atau S + Verb2
Past continuous tense = S + was/were + Verb.ing
Past perfect tense = S + Had + Verb3 (Past participle)
Past perfect continuous tense = S + Had + Been + Verb.ing
Advertisement




Sebagai contoh:
  • They were in the class. (mereka berada dikelas.)
  • My friend visited Jakarta in 2000. (Temanku mengunjungi Jakarta pada tahun 2000.)
  • I was watching TV when my younger brother cried. (Saya sedang menonton TV ketika adik saya menangis.)
  • They were being in the library at 8 yesterday morning. (Mereka sedang berada di perpustakaan pada jam 8 pagi kemarin.)
  • My father had slept before I came. (Ayahku sudah tidur sebelum aku datang.)
  • Dina had been living in Surabaya for five years before She moved to Jakarta. (Dina telah tinggal di Surabaya selama lima tahun sebelum dia pindah ke Jakarta.)
Baca juga: Materi past tense.

Kalimat Positif Dalam Future Tense
Rumus yang digunakan:

Simple future tense = S + Will + Verb 1 atau S + is/am/are + Going to + Verb1
Future continuous tense = S + Will/shall + Be + Verb.ing
Future perfect tense = S + Will/shall + Have + Verb3
Future perfect continuous tense = S + Will/shall + Have + Been + Verb.ing

Sebagai contoh:
  • My father will paint my bedroom.
  • My father is going to paint my bedroom.
  • My father will be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m.
  • I will have finished my report before the meeting begins tomorrow.
  • I will have been teaching here for five years this year.
Baca juga: Materi future tense.

Nah untuk contoh kalimat positif dalam past future tense, coba deh anda buat sendiri contohnya, bukannya saya tidak mau memberikannya tapi hal ini akan bagus untuk anda. Silahkan buat dan share lewat kotak komentar dibawah, saya tunggu ya.

Lebih Banyak Contoh Kalimat Positif
Setelah anda paham dengan apa yang dimaksud kalimat positif, mungkin lebih banyak contohnya dibawah ini akan lebih bermanfaat untuk anda dalam mengenali bentuk kalimat tersebut.
Kalimat positif dalam bahasa inggrisArti
Galih will have been checking my car for an hour before he gets home. Galih akan telah memeriksa mobil saya selama sejam sebelum dia pulang ke rumah.
My father will have been living in Bali for a few weeks before he moves to Jakarta. Ayahku akan telah tinggal di Bali selama beberapa minggu sebelum dia pindah ke Jakarta.
The mechanic will have checked my car before I drive it.Montir akan telah memeriksa mobil saya sebelum saya mengendarainya.
Don’t call me at 9 tomorrow morning, I will be studying at that time tomorrow. Jangan telfon saya jam 9 besok pagi, Saya akan sedang belajar pada waktu itu besok.
As far as I’m concerned, Real Madrid will be the best football club in the world. Sejauh yang saya amati, Real Madrid akan menjadi klub sepakbola terbaik di dunia.
She had been studying for a few minutes when her boyfriend came. Dia telah belajar selama beberapa menit ketika pacarnya datang.
I had eaten before I worked. Saya telah makan sebelum saya bekerja.
My father was teaching me English at this time yesterday. Ayah saya sedang mengajari saya bahasa inggris pada jam ini kemarin.
She was busy yesterday. Dia sibuk kemarin.
The javanese festival has been starting since yesterday.Festival jawa telah dimulai sejak kemarin.
He has checked the car for two hours.Dia telah memeriksa mobil selama dua jam.
All of My friends are living in Jakarta.Semua teman saya tinggal di Jakarta.
A journalist is a person who search for news.Wartawan adalah seseorang yang mencari berita.
She is really beautiful.Dia benar-benar cantik.

---
Itulah penjelasan dan contoh kalimat positif dalam bahasa inggris yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga penjelasan dan contoh kalimat positif diatas bermanfaat dan menambah pemahaman serta wawasan anda.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon