Perbedaan Penggunaan Him, His, Her (Pronoun: She VS He)

Advertisement
Perbedaan Penggunaan Him, His, Her (Pronoun: She VS He) – Ada begitu banyak pemakaian kata yang cukup membingungkan dalam bahasa inggris, entah itu kata-kata yang rumit ataupun kata yang cukup sederhana seperti him, his, dan her ini. Penggunaan kata ganti tersebut sebenarnya sederhana sekali, bahkan sangat sering digunakan, anda pun saya yakin sudah pernah melihat atau mendengarnya. Walaupun begitu, tak perlu malu jika anda belum menguasainya, namanya juga belajar :D. dan beruntunglah anda, Kali ini ENGLISH ONLINE akan membahas kata-kata yang termasuk pronoun (kata ganti), ketika anda selesai membaca materi yang akan segera saya sampaikan ini, saya yakin anda akan langsung paham tentang perbedaaan penggunaan him, his, dan her tersebut.

*TIPS:
  • Untuk tampilan terbaik, gunakanlah browser yang mendukung tampilan blog ini, yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox (Baik pada Komputer, Laptop, Tablet, maupun Smartphone).
  • Jika anda menggunakan smartphone atau device berlayar kecil lainnya, horizontal-kan tampilan layar smartphone anda (Jika ada bagian yang terpotong, seperti tabel, gambar, ataupun kuis).
Him, his, dan her, semuanya adalah pronoun (kata ganti), ini akan melibatkan penggunaan pronoun induknya yaitu she (dia – untuk perempuan) dan he (dia – untuk laki-laki). Mudahnya, him dan his merupakan bagian dari he, sedangkan her merupakan bagian dari she. Nah, mana yang akan dipakai ini tergantung dengan fungsinya, apakah akan digunakan sebagai subjek, objek, maupun digunakan sebagai fungsi kepemilikan. Lebih jelasnya, lihat tabel di bawah ini:
SubjekObjek Kepemilikan. + NounKepemilikan – konteknya harus sudah jelas
She Her Her..Hers
He Him His..His
Kalau sebagai subjek berupa he dan she, saya yakin anda semua sudah paham. Perhatikan contoh di bawah ini:
  • She is beautiful.
  • She has been living in jogja.
  • Tiffany had been working in that company for twenty years when she got the promotion.
  • He can do this job.
  • He buys a book for me.
  • James had been working at the Harapan Hospital for fifteen years before he died.
Nah, contoh di atas itu jika digunakan sebagai subjek. Mudah bukan? Tapi yang akan kita bahas bukan itu, melainkan sebagai objek dan kepemilikan, yang artinya harus menggunakan him, his, her, ataupun hers.

Sebelumnya, baca juga: Materi pronoun (kata ganti).

Perbedaan Penggunaan Him, His, Her (Pronoun: She VS He)
Penggunaan Him
Him bisa kamu gunakan ketika kamu akan menunjuk dia-lelaki sebagai objek, sebagai objek artinya pihak yang menerima aksi dari si subjek. Subjeknya ini bukan berarti harus she atau he, tapi bisa semua subjek.

Contoh:
  • We love him. (kami mencintai dia (laki-laki))
  • I give him much money. (Saya memberi dia banyak uang.)
  • The teacher buys him a book. (Guru membelikan dia sebuah buku.)
  • I’m better than him! (Saya lebih baik daripada dia!)
Penggunaan His
His bisa kamu gunakan ketika akan menyatakan kepemilikan dia-lelaki. Misalnya gini “buku dia, pakaian dia, komputer dia”, artinya sesuatu itu dimiliki oleh dia-lelaki. Nah, di sini his ada dua nih, his yang harus diikuti noun (kata benda) dan his yang tidak perlu diikuti noun.

Konsepnya mudah, kamu harus memakai his + noun jika konteknya belum jelas, sebaliknya kamu bisa menggunakan his non-noun jika konteknya sudah jelas, artinya konteks pembicaraan sama-sama sudah dipahami oleh lawan komunikasi.

Contoh his non-noun:
Didik: Do you know Budi’s girlfriend. What do you think?
Anton: oh yeah, I like his. She’s really beautiful.
Advertisement




Perhatikan pada bagian “I like his”, ini maksudnya “saya menyukai pacarnya Budi”, tak perlu diikuti noun karena pada pembicaraan sebelumnya sudah jelas konteknya, konteknya adalah membicarakan kepemilikan Budi atas kekasihnya. Tapi, bukan berarti his + noun tidak bisa digunakan, kamu juga boleh menggunakan “his girlfriend” jika mau, jadi kalimatnya jadi begini “Oh yeah, I like his girlfriend. She’s really beautiful”. Atau kamu juga bisa mengatakan “Oh yeah, I like her. She’s really beautiful.”, tapi ini tidak mengarah pada kepemilikan Budi, tapi langsung mengarah pada “pacarnya” langsung.

Contoh His + Noun
  • His story made me sad.
  • OMG!! I break his Xbox.
  • I hate him because his attitude is terrible.
Penggunaan Her
Kalau him dan his tadi digunakan untuk dia-lelaki, maka her ini digunakan untuk dia-perempuan. Her bisa kamu gunakan untuk menunjuk dia-perempuan sebagai objek, serta untuk menunjuk kepemilikan dia-perempuan. Perhatikan tabel di awal tadi, her bisa dijadikan objek, her+noun sebagai kepemilikan yang belum jelas konteksnya, dan hers untuk kepemilikan yang sudah jelas konteksnya.

Contoh Her:
  • I like her.
  • The university will send her a letter.
  • Do you give her our tickets?
Contoh Her+Noun:
  • I can’t give you her phone number, dude!
  • Today, I will meet her mother.
  • Her house is really big.
Contoh Hers:
  • Tiffany has a pure heart, and hers belongs to Budi.
  • I didn't have my umbrella, so Shinta lent me hers.
  • She has many beers, and I take hers to the party.
*Kamu juga bisa mengganti “hers” dengan her+noun seperti halnya his non-noun yang sudah dijelaskan sebelumnya.
----
Oke, itulah penjelasan tentang perbedaan penggunaan him, his, dan her yang dapat ENGLISH ONLINE berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan kamu semuanya. Jika ada yang ingin ditanyakan, berikan komentar anda di bawah! Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
April 24, 2016 at 3:52 AM ×

Makasih Gan informasi menganai Relative Pronoun nya, sangat bermanfaat sekali

Reply
avatar
Unknown
admin
July 12, 2017 at 9:23 AM ×

thanks for your article,i hope i can speaking english better later

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon