Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Subject

Advertisement
Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Subject – Halo kalian semua, apa kabar? Baik ya.. kali ini kita akan membahas salah satu hal yang sangat sering dipakai dalam komunikasi bahasa inggris, yaitu compound subject. Mungkin sekarang kalian belum mengerti apa itu compound subject, tapi saya yakin kalian secara tidak sadar sudah pernah menggunakannya, atau setidaknya sudah pernah melihat dan mendengarkannya.

Kalau kalian sudah pernah menggunakannya, itu akan lebih mudah dalam memahami materi kali ini. Lebih baik lagi jika kalian sudah memahami tentang subject-verb agreement, tapi kalau belum juga tidak mengapa, saya akan mencoba menjelaskan dengan bahasa sesederhana mungkin biar kalian mudah memahaminya.

Oke ya, mungkin tak perlu panjang lebar, kita langsung saja masuk pada inti pembahasan. Nah, berikut ini pembahasannya:

Sebelumnya, baca juga: Penggunaan IS, AM, ARE.

Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Subject

Pengertian Compound Subject
Yang dimaksud dengan compound subject adalah sebuah subjek dalam kalimat yang terdiri dari dua atau lebih subjek. Sebelumnya kalian sudah paham subject + predicate kan, nah compound subject inilah suatu subjek yang terdiri lebih dari satu subjek.

Misalnya gini: “Laurie and Katie are traveling through Europe.” Laurie sendiri adalah subjek, katie pun juga subjek, karena ada dua subjek maka itulah yang dinamakan dengan compound subject. Tapi ingat ya, yang namanya subjek ini gak harus nama seseorang tapi bisa apapun, nouns, pronoun, maupun noun phrase.

Selain itu, compound subject juga tidak hanya disambung dengan and saja, bisa pula dengan or, dan juga nor, atau kata sambung lainnya. Selain itu pula, normalnya kalau subjectnya lebih dari satu maka verb yang digunakan adalah bare infinitive, tapi apakah selalu seperti itu? Nyatanya tidak!! Menggunakan compound subject bukan berarti menggunakan bare infinitive, tak jarang kamu perlu menggunakan additional infinitive juga. Bingung ya? Simak deh penjelasannya dibawah ini:

Sebelumnya, biar gak bingung, silahkan baca dua materi ini dulu: Materi bare infinitive.

Compound Subject Dengan “And”
Kebanyakan compound subject yang disambung dengan and akan menggunakan bare infinitive, contohnya:
  • Biking, hiking, and camping are my favorite outdoor activities. (Bersepeda, hiking, dan camping adalah kegiatan outdoor favoritku.)
  • His daughter and his son want him to move to Florida. (putrinya dan putranya ingin dia pindah ke Florida.)
Tapi, jika dua subject itu merujuk pada satu orang yang sama, atau satu hal yang merupakan satu-kesatuan, maka kamu bisa menggunakan additional infinitive. Contohnya:
  • My husband and my best friend likes the dish. (Suamiku dan teman baikku menyukai hidangannya.) – Ini kalau kamu menganggap bahwa suamimu dan teman terbaikmu adalah orang yang sama, dalam artian suamimu merupakan teman terbaikmu.
  • The wear and tear on the car was tremendous.
  • The restaurant's chef and owner makes good fajitas.
Advertisement




Yang perlu diperhatikan di sini, setiap orang tentu memiliki anggapan yang bisa berbeda dengan yang lain, sehingga satu orang bisa menganggap sesuatu hal merupakan satu-kesatuan, sedangkan lainnya tidak demikian. Jadi di sini mungkin saja akan ada perbedaan dalam penggunaan bare atau additional infinitive, jika ada orang yang tidak sama dengan anggapan kalian maka jangan di salahkan terlebih dahulu, di “iyakan” aja karena itu memang anggapan mereka.

Compound Subject Dengan “Or” dan “Nor”
Jika disambung dengan or atau nor, ada tiga kemungkinan di sini (gak berlaku untuk yang disambung dengan and), subjeknya sama-sama plural, sama-sama singular, atau satu plural dan yang satu singular, lalu verbnya pake bare atau additional nih? Jawabannya mudah, kalau subjek itu sama-sama plural, maka gunakan bare infinitive. Kebalikannya, jika sama-sama singular maka gunakan additional infinitive.

Jika satu plural dan satu singular, tentukan mana yang lebih dekat dengan verb, jika yang lebih deket adalah subjek pluralnya maka gunakan bare infinitive, begitu pula sebaliknya.

Contohnya:
  • Gwen or Juanita lead the meeting. – sama-sama singular maka menggunakan bare infinitive.
  • His friends or his cousins are coming to pick us up. – sama-sama plural maka menggunakan additional infinitive.
  • Her sister or her parents plan to visit her next week. – satu singular dan satu plural, yang paling dekat dengan verb adala subjek plural sehingga verbnya menggunakan bar infinitive.
Lebih Banyak Contoh Kalimat Compound Subject
Kalimat Compound SubjectArti
My uncle and my cousin are both lawyers.Paman saya dan sepupu saya keduanya adalah pengacara.
Neither the director nor her assistant has replied to our invitation.Baik direktur maupun asistennya telah membalas undangan kami.
Playing the lottery and burning your money are equivalent activities.Bermain lotere dan membakar uangmu adalah kegiatan yang sama/setara.
Everybody favoring the plan and everybody leaning toward it was interviewed.Semua orang yang mendukung rencana dan semua orang yang condong ke arah itu diwawancarai.
Anyone who has read the book and anybody who has even heard of its ideas agrees with the author.Siapapun yang telah membaca buku dan siapa saja yang telah mendengar tentang ide-ide dari buku tersebut, setuju dengan si penulis.
Mark as well as Craig is flying on Saturday.Mark serta Craig terbang pada hari Sabtu.
My wife and I cannot attend the party.Saya dan istri saya tidak bisa menghadiri pestanya.
Fred, Toby, and I formed a hockey team last month.Fred, Toby, dan saya membentuk tim hoki bulan lalu.
High winds and heavy snow are [not is] the type of weather common to Dakota winters.Angin kencang dan salju tebal adalah jenis cuaca umum untuk musim dingin kota Dakota.
----
Nah, itulah pembahasan tentang pengertian dan contoh kalimat compound subject yang dapat saya berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon