Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya

Advertisement
Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya – Ada banyak memang, orang indonesia yang bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris, tapi lebih banyak lagi yang tidak bisa. Apa memang belajar bahasa inggris itu sulit banget? Well sejujurnya, bahasa inggris itu gampang banget kawan, tergantung kamunya saja sih.

Pernah berpikir, dari SD hingga SMA selalu diberi pelajaran bahasa inggris, berarti kira-kira dalam 12 tahun kalian selalu memperlajarinya, tapi kok tetep tidak bisa? Kalau main game saja 1 hari udah bisa. Nah, di sini pasti ada sesuatu yang salah dan perlu diperbaiki.

Padahal nih ya, belajar bahasa inggris dalam satu tahun aja kamu sudah bisa lancar banget lho, apalagi kalau udah 12 tahun seperti itu seharusnya kamu sudah jadi master english. Kira-kira kenapa ya bisa seperti itu? Well, ada beberapa alasan kenapa hal seperti itu terjadi, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional no. 1

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit? Ini Alasannya

“Bahasa Inggris Sangat Rumit” katanya
Benarkah bahasa inggris itu rumit? Bener dong, saya juga mengakuinya. Gimana tidak, dalam bahasa inggris ada hal-hal memusingkan sekali ketika dipelajari, contohnya kosakata yang aneh banget, peraturan yang njelimet banyak pengecualiannya, pengucapan yang membuat lidah mati rasa, dan masih banyak lagi.

Karena rumit, tentu butuh kesabaran ketika mempelajarinya. Kalau dihadapi dengan ketidaksabaran, hal yang rumit ini tentu saja akan berubah menjadi sulit, akhirnya tidak dipelajari dan hanya dreaming saja. Inilah kenapa belajar bahasa inggris menjadi sangat sulit.

Rumit iya, sulit tidak, tapi kalau rumit tidak dilandasi dengan kesabaran, ketelitian, dan kesungguhan maka rumit akan menjadi sulit, inilah intinya. Jadi, kalau kamu tidak mau merasa sulit, bersabarlah, tekunlah, dan jangan banyak mengeluh.

Cara Belajar Yang Salah
Cara akan menentukan hasil, cara salah maka hasil tidak akan maksimal dan begitu pula sebaliknya. Seperti yang saya singgung di atas, kita belajar bahasa inggris dari SD sampai SMA kira-kira sudah 12 tahun tapi tetep saja kemampuan tidak ada peningkatan yang signifikan, sangat miris.

Hal ini disebabkan karena cara belajar yang salah, atau lebih tepatnya karena cara belajar yang tidak efektif. Selain itu, faktor psikologis juga berpengaruh, mulai dari paksaan untuk belajar, pengajar yang kurang menyenangkan, atau suasana dan kondisi lingkungan yang kurang nyaman juga turut menjadi biang kerok dari sulitnya belajar bahasa inggris.

Percuma sajakan kalau kurikulum disusun begitu rapi tapi dalam kenyataannya dilakukan dengan salah. Ditambah lagi dengan minat belajar yang rendah, duh.
Advertisement




Kurang Praktek atau Malah Gak Pernah Praktek
Nah ini salah satu dari bentuk belajar yang salah, tidak cuma di sekolahan saja, tapi ke semua aspek kehidupan. Apalagi dalam bahasa inggris di mana kemampuan untuk mempraktekkan sangat penting, saya jamin kalian tidak akan pernah bisa lancar berkomunikasi english jika kalian praktek saja tidak pernah, alasannya malu dan sebagainnya.

Come on guys, kenapa harus malu? Kamu gak harus praktek dengan orang yang tidak dikenal, pertama dengan teman-teman dekat saja, kalau dibilang sok-sokan english, maka prakteklah dengan teman yang sama-sama lagi belajar bahasa inggris. Dengan praktek, teori-teori yang telah kamu pelajari akan semakin sulit dilupakan, selain itu dengan praktek kamu juga akan tau mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Menghafal Tanpa Pemahaman
Menghafal memang perlu dan cukup penting dalam beberapa aspek, tapi kalau menghafal saja tanpa ada pemahaman ya sama saja, di sini pasti akan terasa sangat sulit. Memang, ada hal yang hanya bisa dilakukan dengan menghafal seperti memperbanyak kosakata, belajar idiom, dan lain sebagainya, tapi ingatlah bahwa hafalan saja tidak cukup untuk membuatmu bisa berkomunikasi bahasa inggris dengan lancar.

Di Indonesia sendiri, metode belajar dengan mengandalkan hafalan memang lebih banyak dilakukan, hasilnya tentu kurang maksimal karena akan mudah lupa dan tidak fleksibel dalam setiap kasusnya. Salah satunya adalah dalam belajar bahasa inggris ini. Kalau kamu sekarang masih kesulitan dalam mempelajari english karena dominan menghafal, cobalah mengubah metodenya dengan memperbanyak pemahaman.

Motivasi Belajar Yang Rendah
Nah ini mungkin yang menjadi faktor paling besar kenapa belajar bahasa inggris itu sulit banget, yaitu terkait dengan motivasi kalian sendiri. Bagi saya pribadi, motivasi yang paling mujarab dalam segala hal adalah karena suka, bukan karena kewajiban atau yang lainnya. Dengan begitu saya akan dengan sukarela dan happy + enjoy mempelajarinya.

Saya kira kalian juga pasti begitu, tanpa motivasi seenak apapun, semudah apapun pasti akan percuma. Lain kalau kalian memiliki motivasi yang positif, karena suka misalnya, atau karena kebutuhan, motivasi-motivasi seperti itu tentu akan membuatmu pantang menyerah dan enjoy dalam mempelajari bahasa inggris. Alhasil, sesulit apapun materinya akan terasa mudah dipelajari, coba deh!

Selanjutnya: Cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris.
----
Oke ya, itulah ulasan tentang kenapa belajar bahasa inggris itu sulit. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan pembelajaran agar di kemudian hari ketika belajar english menjadi lebih mudah lagi. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon