Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula

Advertisement
Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula – Membahas tentang materi bahasa inggris yang pokok, sebenarnya semua materinya itu pokok dan wajib, pasalnya satu materi saja tidak kalian pelajari maka bahasa inggris kalian tidak akan sempurna, betul’kan? Tapi bagi pemula yang baru saja belajar atau sedang mau belajar, pasti bingung mau belajar apa saja, betul tidak?

Kalau saya dulu sih begitu, hehe.. saya cukup paham dengan hal tersebut, karena itulah artikel ini saya buat dan semoga menjadi solusi tepat untuk kalian dalam memulai belajar bahasa inggris. Jangan khawatir, sebenarnya bahasa inggris itu mudah, materinya memang banyak dan suka membingungkan, rumit pula, maka dari itu pelajarilah dengan sabar sebab untuk menguasai suatu hal itu butuh proses.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari-cari materi bahasa inggris yang wajib dan pokok untuk dipelajari, sesuai pengalaman pribadi saya akan memberikan materi-materinya. Perlu kamu tau, urutan materi di bawah ini disusun secara random, tidak disortir berdasarkan yang paling penting, kenapa? Jujur saja saya tidak sanggup untuk memilih mana yang paling penting, silahkan kalian putuskan sendiri! Oke, berikut list materinya:

Sebelumnya, baca juga: Cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris.

Materi Belajar Bahasa Inggris Yang Pokok dan Wajib Dipelajari Bagi Pemula

Parts Of Speech
Parts of speech adalah penggolongan kata dalam bahasa inggris, dikenal ada 8 macam antara lain verb (Kata kerja), noun (kata benda), pronoun (kata ganti), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), conjuction (kata sambung), preposition (kata depan), dan yang terakhir adalah interjection (kata seru). Nah, menurut saya ini merupakan salah satu yang paling penting.

Dengan belajar ini, kalian akan mampu mengklasifikasikan setiap kosakata dalam bahasa inggris, dan tentu saja akan sangat membantu ketika kalian akan menyusun kalimat karena pada dasarnya suatu kalimat pasti disusun menggunakan parts of speech ini. Kemudian, perlu kamu perhatikan juga bahwa ada beberapa kosakata yang bisa digolongkan ke dalam dua jenis parts of speech, jadi hati-hati dan pastikan kalian mencermatinya.

Verb Form
Bisa dikatakan kalau verb form ini sebenarnya masuk pada parts of speech, tapi saya ingin mengkhususkannya karena menurutku sangat-sangat penting untuk dipelajari terlebih dahulu bagi para pemula. Lalu, taukah kamu apa itu verb form? Kalian pasti pernah denger verb1, verb2, dan verb3 kan? Nah itulah yang dinamakan verb form.

Di dalam bahasa inggris, verb berdasarkan waktu dan peristiwanya dibedakan menjadi 6 yaitu to infinitive (to + verb1), bare infinitive (verb1), additional infinitive (verb1), past tense (verb2), past participle (verb3), dan yang terakhir adalah present participle (verb + ing). Ketika digunakan dalam kalimat, kesemua jenis verb form tersebut akan digunakan sesuai waktu dan peristiwanya (tenses).

Summary of Sixteen Tenses
Nyambung terkait verb form di atas, di dalam bahasa inggris dikenal adanya 16 tenses, tenses tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing
Silahkan pelajari materi tenses di atas satu persatu, tentu saja tenses di atas penggunaannya berbeda-beda tergantung waktu dan peristiwa yang dimaksudkan.
Advertisement




Passive Voice
Kalau kalian mengaplikasikan tenses di atas, kalian akan berkomunikasi menggunakan kalimat aktif, lalu bagaimana ketika kalian ingin berkomunikasi menggunakan kalimat passive? Jawabannya adalah passive voice, ini merupakan suatu cara untuk berkomunikasi secara passive. Kalian tau belum yang seperti apa aktif dan pasif itu? Begini contohnya, “saya memukul” – aktif.... “saya dipukul” – pasif, paham ya bedanya cuma “me” dan “di” saja kok.

Sama seperti rumus tenses di atas, passive voice juga memiliki rumus-rumus tersendiri, berikut rumusnya:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + Is/am/are + Verb3S + Was/were + Verb3S + Will/shall + Be + Verb3S + Would/should + Be + Verb3
ContinuousS + Is/am/are + Being + Verb3S + Was/were + Being + Verb3S + Was/were + Being +S + Would/should + Be + Being + Verb3
PerfectS + Have/has + Been + Verb3S + Had + Been + Verb3S + Will/shall + Have + Been + Verb3S + Would/should + Have + Been + Verb3
Perfect continuousS + Have/has + Been + Being + Verb3S + Had + Been + Being + Verb3S + Will/shall + Have + Been + being + verb3S + Would/should + Have + Been + Being + Verb3
Sentence Classification
Selanjutnya, materi belajar bahasa inggris yang pokok dan penting dipelajari bagi pemula adalah tentang sentence classification. Sentence classification adalah suatu pembagian kalimat, jadi kalimat dalam bahasa inggris itu dibagi-bagi jenisnya, ada dua yaitu by ordinary dan by structure. By ordinary sendiri dibagi menjadi dua lagi yaitu nominal sentence dan verbal sentence.

Sedangkan untuk by structure sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah statement, question, dan command/request. Nah, silahkan pelajari materi-materi ini.

Alphabet, Number, and Time
Ini merupakan materi yang sangat dasar, tapi jujur saja saya tak pernah meremehkannya. Sekarang saya tanya, bahasa inggrisnya jam 10.45 apa? Bahasa inggrisnya 2 ½? Bagaimana membaca huruf H? Kalau kalian belum bisa menjawab itu semua dengan yakin, maka memang perlu untuk mempelajari materi-materi ini.

Jangan lupa, Perbanyak Kosakata!
Nah ini, saya dulu pernah tidak terlalu mempermasalahkan kosakata (meremehkan), hampir tidak saya perbanyak. Alhasil, ketika saya merasa sudah menguasai materi-materi di atas dan materi tingkat lanjut, ternyata saya tetep tidak bisa/sulit berkomunikasi dengan lancar, ada yang tau kenapa? Jawabannya adalah karena saya benar-benar masih miskin kosakata! Bagaimana saya bisa berkomunikasi english kalau saya tidak tau bahasa inggrisnya, konyol’kan?

Kosakata merupakan salah satu materi yang hanya bisa kalian kuasai dengan menghafal, dan saya kebetulan tidak terlalu suka dengan menghafal, inilah alasan yang menambah saya untuk “telat” mempelajarinya, jangan ditiru ya!
----
Itulah beberapa materi belajar bahasa inggris yang pokok dan wajib dipelajari bagi pemula. Semua materi di atas pernah saya ulas di blog ini, silahkan diubek-ubek dicari sendiri ya, kunjungi Daftar Isi untuk mempermudah mencarinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini juga ya! Thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon