Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1

Advertisement
.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1 – Anda selama belajar bahasa inggris tentu sudah pernah mendengar istilah conditional sentence, tidak heran karena conditional sentence memang menjadi salah satu pembahasan materi bahasa inggris yang cukup popular. Dalam komunikasi, conditional sentence ini juga sangat sering digunakan, jadi materi ini sangat wajar dan patut anda pelajari. Pada dasarnya, conditional sentence merupakan kalimat yang menyatakan suatu pengandaian, baik pengandaian yang mungkin terjadi maupun yang hampir tidak mungkin terjadi. Nah, conditional sentence ini juga terbagi menjadi beberapa type, yaitu type 0, type 3, type 2, dan conditional sentence type 1.

Semua type diatas akan saya bahas, namun tentu saja bertahap, dan kali ini kita akan membahas tentang conditional sentence type 1. Pembahasan yang akan saya berikan meliputi pengertian, rumus, dan juga contoh kalimat conditional sentence type 1. Berikut ulasannya.

Baca juga: Conditional sentence type 2.

Pengertian Conditional Sentence Type 1
Conditional sentence type 1 adalah kalimat pengandaian dimana pengandaian tersebut sangat mungkin terjadi (realistis untuk terjadi) di masa yang akan datang. Conditional sentence type 1 terdiri dari kalimat bersyarat (if clause) dan juga main clause, artinya disini harus ada syarat dan nantinya akan ada akibat/hasil dari syarat tersebut. Contohnya,” jika kamu olahraga, kamu akan sehat”. Nah, disini yang dimaksud dengan syarat adalah pemicu kenapa “kamu” akan sehat, dan akibat/hasilnya adalah “kamu akan sehat” karena olahraga. Contoh lain, “jika kamu belajar, kamu akan lulus ujian”, “jika Tria datang ke rumahku, aku akan menyambutnya”, “Jika aku tidak mengerjakan PR, guruku akan sangat marah”.

Nah diatas itu contoh-contoh kalau dalam bahasa Indonesia (dibagian bawah contoh dalam bahasa inggrisnya), lalu bagaimana jika menggunakan bahasa inggris? Untuk menyusun conditional sentence type 1 dalam bahasa inggris, ada rumus yang harus anda ikuti. Dibawah ini penjelasannya.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1
Rumus Conditional Sentence Type 1
Untuk menyusun conditional sentence type 1, anda dapat menggunakan rumus berikut ini

If + simple present + simple future
Atau bisa dibalik, menjadi:
Simple future + If + simple present

Dari rumus diatas, kalau anda kurang jelas sebenarnya bisa diperinci lagi, rumusnya kalau diperinci akan menjadi seperti dibawah ini:

If + Subject + Verb1, + Subject + Will + Verb1 (Bare infinitive)
Atau bisa anda balik, menjadi:
Subject + Will + Verb1 (Bare infinitive) + If + Subject + Verb1
Advertisement




Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1
Oke, setelah anda paham dengan pengertian dan rumus conditional sentence yang satu ini, cobalah untuk memperhatikan beberapa contoh kalimat conditional sentence type 1 yang akan saya berikan dibawah ini, berikut contohnya:
Conditional sentence type 1Arti
If I am hungry, I will get something to eat.Jika saya lapar, saya akan mendapatka/mencari sesuatu untuk dimakan.
If it rains, we will cancel the match.Jika hujan, kami akan membatalkan pertandingan.
I will be mad if Budi is late again.Saya akan marah jika Budi terlambat lagi.
You will miss the bus if you don't hurry.Kamu akan ketinggalan bus jika kamu tidak buru-buru.
If you don't drop the gun, I'll shoot!Jika kamu tidak menjatuhkan pistolnya, saya akan menmbak!
If you don't leave, I'll call the police.Jika kamu tidak pergi, saya akan telepon polisi.
What will you do if you miss the plane?Apa yang akan kamu lakukan jika kamu ketinggalan pesawat?
He will survive if he gets proper medical care.Dia akan bertahan hidup jika dia mendapatkan perawatan medis yang tepat.
I won't mark your homework, if you don't hand it in.Aku tidak akan menilai/menandai PR kamu, jika kamu tidak menyerahkannya.
If the game is good, I will play it.Jika game nya bagus, saya akan memainkannya.
If the sun comes out, we will go to the beach.Jika matahari terbit, kita akan pergi ke pantai.
My mom will be angry if I’m late tonight!Mama saya akan marah jika saya telah malam ini!
If you see Didik later today, will you tell him to call me?Jika kamu melihat Didik hari ini, akankah/maukah kamu katakan padanya untuk menelpon saya?

Selanjutnya: Latihan soal conditional sentence type 1.

Itulah sedikit contoh kalimat conditional sentence type 1 yang dapat saya bagi kepada anda. Sekarang, untuk memperdalam pemahaman anda, cobalah untuk membuat beberapa contoh versi anda, kemudian share kepada saya dan teman-taman yang lain contoh anda tersebut, share melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu ya!

Jangan lewatkan: Materi nominal and verbal sentence.

Oke, itulah ulasan yang dapat saya berikan. Semoga ulasan tentang pengertian, rumus, dan contoh kalimat conditional sentence type 1 diatas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon