Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Advertisement
Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris – Membahas tentang kosakata memang menarik, kosakata merupakan hal paling dasar namun menjadi inti dalam komunikasi bahasa inggris. Sebaik apapun kalian menguasai teori ataupun grammar bahasa inggris, akan sama saja jika tidak dibarengi dengan menguasai kosakata, hal seperti ini pernah saya alami sendiri, hehe.

Ya, saya pernah mengalami kondisi di mana teori dan grammar sudah saya kuasai namun kosakata yang saya kuasai masih kurang. Damn, saya merasa sama saja, mau bicara ini gak bisa, bicara itu gak bisa, padahal saya tau tatabahasa yang harus digunakan.

Sayang banget ‘kan? Akhirnya mau tak mau saya musti menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris. Menghafal dan memperbanyak kosakata itu sebenarnya mudah, yang jadi sulit adalah bagaimana melakukannya dengan efektif dan tidak dilupakan lagi, itulah tantangannya.

Nah, berkaitan dengan cara menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris, saya memiliki beberapa cara yang ampuh, cara ini bisa kalian coba di rumah, berikut caranya:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor 1.

Cara Menghafal dan Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Menggunakan Metode Clustering
Metode Clustering adalah metode dengan cara melakukan pengembangan dari satu kata ke kata lain. Pilihlah satu kata, kata apa saja bebas. Ambil contoh, misalkan kata School, dari satu kata yaitu school kita dapat mengembangkan ke kata lain yang berkaitan erat dengan kata school (sekolah), seperti Student, teacher, table, book, building, lessons, learn.

Dari kata hasil pengembangan, misalkan student (hasil pengembangan dari kata school), kita dapat kembangkan lagi ke kata yang berkaitan dengan student seperti smart, diligent, lazy, dan seterusnya. Pelajari setiap kata hasil pengembangan, baik itu artinya, persamaan katanya, perubahan katanya, jenis katanya (parts of speech), dan lain sebagainya.

Dalam satu hari secara konsisten kamu dapat mengembangkan satu kata saja, maka dalam satu tahun kamu sudah akan sangat kaya vocabulary, dengan syarat jangan langsung dilupakan. Agar tidak mudah lupa, setiap ada kata baru, maka buatlah kalimat dengat kata tersebut kemudian ucapkan dan tulis kalimat tersebut, ini akan membantu mengingat kata-kata yang pernah kamu hafalkan.

Sering Membaca Artikel Berbahasa Inggris
Cara ini bener-bener ampuh, sampai saat ini masih saya gunakan. Setiap ada waktu senggang, saya sering menghabiskannya untuk membaca artikel berbahasa inggris. Saya sering membukan situs berbahasa inggris untuk membaca sesuatu, bisa tips n trick, berita dan sebagainya, selain dapat info saya juga sering dapat vocabulary baru, enak bukan?

Setiap ada kosakata yang tidak kamu mengerti maksud dan artinya, maka berhenti membaca dan cobalah untuk menerjemahkannya, gunakan terjemahan Google Translate. Agar mudah menggunakan Google Translate, pasanglah Extension Google Translate di browser kamu (Google Chrome), dengan begitu ketika ada kata yang tidak kamu mengerti maka tinggal diblock saja kata tersebut, kemudian secara otomatis akan muncul terjemahannya.

Selain Membaca, Menulislah!
Ini memang sedikit sulit kalau kalian masih awam dengan grammar, tapi kalau kalian sudah cukup menguasai grammar dan ingin memperbanyak vocabulary maka cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Ketika kalian menulis sesuatu dengan bahasa inggris, sangat mungkin kalian akan menuliskan suatu kata yang tidak tau apa bahasa inggrisnya, nah di sinilah kalian bisa memperbanyak kosakata.
Advertisement




Kalian bisa menulis di word atau media lainnya, kalau kalian suka ngeblog maka tulislah di blog masing-masing. Saya sendiri merekomendasikan untuk menulis di blog biar ada yang mengoreksi tulisan kalian, kalau ada salah-salah kan biasanya para pengunjung akan berkomentar untuk memberitahu kesalahan kamu tersebut, tidak masalah mereka mengkritik, menghina dan mencela, yang penting kamu bisa belajar dan tahu letak kesalahannya.

Selain agar ada yang mengoreksi, saya merekomendasikan menulis di blog karena jika tulisan kamu bagus dan menarik, ada potensi untuk menarik banyak pengunjung, alhasil bisa kamu uangkan juga blog kamu itu, enak ‘kan? Menghafal dan memperbanyak kosakata sambil cara duit, mantap!

Cari Partner Yang Sama-sama Sedang Belajar English
Jujur saja, kalau ada temennya pasti asyik dan tidak membosankan, bisa belajar bersama, bisa saling bantu, dan bisa saling mengoreksi. Di sini kamu bisa langsung berkomunikasi dengan temanmu itu, dengan begitu secara otomatis kamu juga akan belajar menghafal dan memperbanyak kosakata.

Selain masalah kosakata, ketika kamu berkomunikasi langsung dengan orang lain, kamu juga akan mengasah grammar. Kalau dengan teman sendiri jangan malu-malu ya, jangan malu kalau salah, jangan malu bertanya, pokoknya santai saja, cari teman yang nyaman untuk diajak belajar bersama.

Menghibur Diri Sambil Belajar
Tahukah kamu, ada banyak hiburan yang tidak hanya akan menghiburmu saja lho, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu. Sederhana saja, contohnya adalah nonton film berbahasa inggris, di sini selain terhibur kamu bisa pula memperhatikan apa yang mereka ucapkan. Bukankah itu mengasyikkan?

Selain di film, kamu juga bisa streaming video berbahasa inggris di Youtube. Pokoknya gak bakal bosen deh jika belajar sambi menghibur diri begitu. Kalau kamu kurang fokus belajar dengan nonton film atau video, kamu juga bisa download aplikasi di PlayStore untuk belajar kosakata. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, contohnya adalah PowerVocab, Vocab Builder, Dictionary.com Flashcards, Miss Spell’s Class, SAT Vocabulary, English Vocabulary, dan masih banyak lagi, silahkan download yang paling kalian sukai.

Yang Paling Penting, NIAT, KERJA KERAS, dan PANTANG MENYERAH
Apapun metode dan cara menghafal serta memperbanyak kosakata yang kamu gunakan, kalau kamu loyo dan tidak bersemangat ya sama saja. Sebelum kamu mulai menghafal dan memperbanyak, niatkan hatimu dengan mantap, kemudian lakukan dengan kerja keras, kalau ada kesulitan jangan menyerah dan tetap semangat.

Ingat, kalau kamu pengen instan, cobalah untuk memakan kamus bahasa inggris saja, siapa tau kamu langsung kaya akan kosakata, hehehe, bercanda ya, di dunia ini tidak ada yang instan, musti didahului dengan kerja keras.

Selanjutnya: Kumpulan kosakata bahasa inggris dan artinya.
----
Oke ya, itulah beberapa cara menghafal dan memperbanyak kosakata bahasa inggris yang dapat saya berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kamu meningkatkan serta memperkaya kosakata. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
November 16, 2016 at 10:21 PM ×

thank you :)

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon