Latihan Soal Number (Angka) Bahasa Inggris Disertai Jawabannya

Advertisement
.
Latihan Soal Number (Angka) Bahasa Inggris Disertai Jawabannya – Ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya tentang pembahasan angka dalam bahasa inggris. Materi yang berupa latihan soal ini merupakan materi level dasar, cocok untuk pemula walau untuk yang sudah cukup mahir juga tidak masalah. Bagi yang sebelumnya sudah mempelajari materi angka maka materi ini cocok digunakan untuk mengetest seberapa jauh pemahaman kalian.

Sebelum mengerjakan latihan soal number ini, saya wajibkan untuk sebelumnya kalian sudah mempelajari materi bersangkutan. Jika belum, silahkan pelajari materi yang sudah saya berikan!

Baca: Materi number.

Petunjuk Mengerjakan
Latihan soal number bahasa inggris yang akan saya berikan ini berjumlah 20 butir soal, semuanya berbentuk pilihan ganda. Soal bisa saya berikan dengan bentuk angka, lalu kalian memilih huruf yang paling tepat dari angka tersebut, atau bisa juga sebaliknya. Selain itu, angka tidak hanya cardinal number saja, tapi bisa ordinal ataupun fraction number. Soal saya sertai dengan jawabannya serta pembahasan, jadi kalau jawaban kalian salah bisa tau letak kesalahannya.

Saya menggunakan dua media dalam memberikan latihan soal ini, yaitu media interaktif dan manual. Jika media interaktif lelet karena jaringan internet kurang baik, kalian bisa mengerjakan soalnya secara manual pada bagian bawah.
Latihan Soal Number (Angka) Bahasa Inggris Disertai Jawabannya

Latihan Soal Number – Interaktif


Latihan Soal Number – Manual

1) 15 = ...
  • A. Fifteen
  • B. Fiveteen
  • C. Fifty
  • D. Fivety
2) 50 = ...
  • A. Fifty
  • B. Fivety
3) 555 = ...
  • A. Fift hundred fivety five
  • B. Fift hundred fifty five
  • C. Five hundred fifty five
  • D. Five hundred fifty fift
4) 3.552 = ...
  • A. Three thousand fift hundred fifty two
  • B. Three thousand five hundred fifty two
  • C. Three thousand five hundred fivety two
  • D. Three thousand fift hundred fivety two
5) 948 = ...
  • A. Nine hundred fourty eight
  • B. Nine hundred and fourty eight
  • C. Nine hundred and forty eight
6) 1.227 = ...
  • A. A thousand two hundred and twenty seven
  • B. One thousand and two hundred twenty seven
7) 207.386 = ...
  • A. Two hundred seven thousand three hundred and eighty six
  • B. Two zero seven thousand three hundred and eight six
  • C. Two thousand seven thousand three hundred and eight six
  • D. Two zero seven hundred thousand three hundred and eight six
8) 900.000 = ...
  • A. Nine thousand hundred
  • B. Nine hundred thousand
9) 7.444.129 = ...
  • A. Seven million forty four thousand a hundred and twenty nine
  • B. Seven million forty hundred forty four thousand a hundred and twenty nine
  • C. Seven million four hundred forty four thousand a hundred and twenty nine
10) 38.399.753 = ...
  • A. Thirty eight million thirty hundred ninety nine thousand seven hundred and fifty three
  • B. Thirty eight million three hundred ninety nine thousand seven hundred and fifty three
  • C. Thirty eight million three hundred ninety nine thousand seventy five hundred and three
11) 410.110.300 = ...
  • A. Four hundred one zero million a hundred ten thousand three hundred
  • B. Four hundred ten million one hundred ten thousand three hundred
12)  5.798.435.770 = ...
  • A. Five thousand seven hundred ninety eight million forty hundred thirty five thousand seven hundred and seventy
  • B. Five Bllion seven hundred ninety eight million four hundred thirty five thousand seven hundred and seventeen
  • C. Five billion seven hundred ninety eight million four hundred thirty five thousand seven hundred and seventy
Advertisement




13) Two hundred two billion four hundred thirteen million eight hundred seventy nine thousand two hundred and twelve = ...
  • A. 202.430.879.220
  • B. 202.413.879.212
  • C. 202.433.987.202
14) 12th = ...
  • A. Twelfth
  • B. Twelveth
  • C.Twelvefth
15) 21st = ...
  • A. Twenty once
  • B. Twenty one
  • C. Twenty first
16) The three hundred second student = ...
  • A. 302th student
  • B. 302st student
  • C. 302nd student
17) 2/3 = ...
  • A.Two thirt
  • B. Two third
  • C. Two three
18) 1/4 = ...
  • A. One fourth
  • B. A quarter
  • C. A fourth
19) 1/6 = ...
  • A. A sixth
  • B. A six
  • C. One sixth
20) 3 ¾ = ...
  • A. Three and three fourth
  • B. Third and three fourth
  • C. Three and third fourth
Jawaban dan Pembahasan
NoJawaban Penjelasan
1AAngka belasan selalu diakhiri "teen" kecuali angka 11 dan 12. Angka lima selalu menggunakan fift jika menjadi induk angka (jika 1-100), kalau jadi anak maka tetap menggunakan five (Ini juga terjadi pada beberapa angka seperti angka 2, 3, 4, walau tidak sama persis).
2ASeperti pada penjelasan saya sebelumnya, gunakan fift bukannya five.
3CLima ratusnya tetap menggunakan five walau angka lima menjadi induk karena >100. Tapi kalau lima puluhnya, angka lima induk masih harus menggunakan fift, sedangkan angka lima anaknya tentu menggunakan five.
4BSaya kira sudah jelas, pahami penjelasan saya dari soal sebelumnya.
5CMasalah forty atau fourty, aturannya mirip seperti angka 5 (kecuali untuk angka 14 tetep fourteen.). Untuk penggunaan and, letakkan setelah ratusan terakhir, tidak wajib sih tapi lebih baik.
6A1 bisa diganti dengan "a", ini lebih baik daripada menggunakan one, walau menggunakan one juga tidak salah. Pilihan B jadi salah karena peletakan kata and yang salah, seharusnya setelah ratusan terakhir, bukan sebelumnya.
7AJika angka sudah komplik begini, kita selesaikan dulu angka sedikit demi sedikit, pertama selesaikan angka 207 dulu, karena dibelakangnya ada tiga digit angka berarti ribuan, tambahin thousand. Kemudian setelah itu, baru kita selesaikan angka selanjutnya yaitu 386.
8BIngat penjelasan saya sebeumnya, kita selesaikan sedikit demi sedikit, yang pertama jelas sembilan ratus maka nine hundred, karena dibelakangnya ada 3 digit maka tambahkan thousand. Dibelakangnya ternyata angka nol, jadi tak perlu dituliskan.
9CKita selesaikan tujuhnya dulu, karena dibellakang ada 6 digit yang berarti jutaan maka ditambahkan million, maka menjadi seven million, kemudian selanjutnya seperti yang sudah saya jelaskan.
10BLihat dengan cermat, cukup jelas ya?
11BCukup jelas.
12CCukup jelas.
13BCukup jelas.
14A12th artinya "ke duabelas", penulisan yang besar adalah twelfth, pilihan B dan C tidak tau itu apa :D
15CKalau angka terakhir adalah 1 maka selalu menggunakan simbol st (kecuali 11), itu berarti first.
16CKecuali 12, yang berakhiran dengan angka 2 selalu menggunakan simbol nd yang berarti second (second artinya dua/kedua.)
17BKetika angka bilangan (fraction) maka angka yang menjadi penyebut menggunakan angka ordinal number, sedangkan angka pembilangnya menggunakan cardinal number.
18BKalau pembilangnya 1 maka one diganti a saja, sedangkan kalau penyebutnya 2 maka bukan second tapi half, dan 4 bukan fourth tapi quarter. Jadi ½ adalah a half, dan ¼ adalah a quarter. Kalau penyebutnya angka lain, maka tetap menggunakan ordinal number, misalnya 1/5 maka a fifth.
19ACukup jelas.
20AKalau bilangan campuran, maka bilangan bulat menggunakan angka biasa (cardinal number), sedangkan pecahannya seperti yang saya jelaskan sebelumnya.
Selanjutnya: Cara membaca jam dalam bahasa inggris.
----
Oke ya, itulah 20 latihan soal number bahasa inggris disertai jawaban dan pembahasannya. Semoga latihan soal di atas bermanfaat dan meningkatkan pemahaman kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon