Suka Duka Dalam Belajar Bahasa Inggris

Advertisement
.
Suka Duka Dalam Belajar Bahasa Inggris - Belajar merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan setiap orang. Tujuan dari  Belajar yaitu agar dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Dalam bidang apapun, pembelajaran akan selalu dibutuhkan agar dapat terciptanya keahlian dan kemampuan dalam bidang yang dipelajari. Pembelajara juga merupakan suatu proses pendalaman ilmu pengetahuan agar kita lebih mampu menguasai bidang tersebut.

Saya merupakan orang yang ingin selalu belajar, dan saya juga termasuk orang yang selalui bersedia dalam menjalankan proses pembelajaran di manapun tempat dan waktunya. Seperti halnya ketika saya belajar dalam pendidikan formal yang saya jalani. Dengan kesabaran dan ketekunan proses belajar dari tingkat sekolah dasar samapi perguruan tinggi akhirnya bisa selesai pada waktu yang diharapkan.

Bidang yang saya tekuni adalah, bidang yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Inggris. Dan membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan untuk menyelesaikan studi saya dalam program pendidikan Bahasa Inggris. Tetapi proses pendidikan dan pembelajaran tersebut tidak serta merta membuat saya patah semangat apalagi meninggalkan studi saya di perguruan tinggi. Proses yang hanya empat tahun tersebut, apabila di lakukan sesuai dengan aturan dan persyaratan yang baik tentu akan mudah dijalani.

Tentu dalam pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi, ada hal – hal yang saya sukai dan tidak, karena proses pembelajaran Bahasa Inggris tersebut mungkin saya sesuaikan dengan kemampuan saya dalam belajar. Berikut adalah hal – hal yang menjadi semangat saya belajar dan mungkin beberapa hal yang menjadi kendala pada saat saya belajar Bahasa Inggris. Berikut yang menjadi pengalaman saya dalam hal – hal yang saya sukai dalam belajar Bahasa Inggris.

Sebelumnya, baca juga: Kenapa belajar bahasa inggris itu sulit? Ini alasannya!
Suka Duka Dalam Belajar Bahasa Inggris

1. Belajar Bahasa Inggris dalam grup
Di dalam kelas, dosen memberikan pembelajaran Bahasa Inggris dalam dua kegiatan pembelajaran; perorangan dan grup. Tetapi hal yang paling menyenangkan bagi saya adalah ketika  dosen melakukan kegiatan grup, yang terdiri dari empat sampai lima mahasiswa. Kenapa saya menyebutnya hal yang paling menyenangkan? Karena saya bisa  berlatih bersama-sama dalam meningkatkan kemampuan menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan di dalam grup tersebut.

Apabila ada teman saya dalam grup melakukan kesalahan, kita bersama-sama memperbaiki dan terus saling berlatih, sehingga rasa percaya diri dalam belajar Bahasa Inggris terus meningkat. Dalam grup, saya juga banyak berdiskusi tentang bagaimana cara melafalkan kata –kata bahasa inggris dan juga arti dari kosakata bahasa inggris yang tidak saya ketahui. Walaupun saya sudah belajar dalam jenjang perguruan tinggi, tetapi pada awal masa perkuliahan, dosen mengijinkan para mahasiswa untuk membawa kamus Bahasa Inggris. Tetapi sering kamus tersebut tidak digunakan, karena teman-teman dalam grup lah yang justru saling membantu memberi jawaban atas apa yang menjadi kesulitan saya dan teman.

2. Berlatih berbicara Bahasa Inggris
Hal kedua yang paling saya senangi di kelas adalah ketika saya belajar atau berlatih berbicara Bahasa Inggris. Memang semua mata kuliah menharuskan saya mengunakan Bahasa Inggris, tetapi tugas presentation  ataupun tugas essai yang harus ditampilkan di kelas menjadi hal yang saya sukai. Hampir di setiap mata kuliah tugas presentation  selalu ada, jadi berbagai topik pembelajaran dalam setiap mata kuliah bisa saya gali sambil berlatih berbicara Bahasa Inggris.

Dengan sering tampilnya saya  didepan kelas, bukan hanya kemampuan Bahasa Inggris saja yang saya tingkatkan, tetapi rasa percaya diri yang justru menjadi hal yang penting dalam belajar dapat terus saya asah. Sehingga, ketika kita berada diluar kelas, rasa percaya diri tersebut dapat kita gunakan dalam berkomunikasi dengan Native English Speaker. Contohnya, ketika saya mengikuti field trip ke tempat wisata terkenal di Indonesia; Yogyakarta dan Jakarta Dengan kemampuan berbicara bahasa inggris yang sering saya latih di kelas bersama teman dan dosen, saya bisa berkumunikasi dengan turis yang menggunakan bahasa inggris.

3. Berlatih menulis bahasa inggris
Disamping keseruan dalam berlatih berbicara bahasa inggris dalam tugas presentation. Hal lain yang saya suka dalam belajar bahasa inggris adalah berlatih atau belajar menulis. Hal yang saya sukai lagi adalah, terkadang dosen menggunakan peer teaching dalam pembelajaran menulis, sehingga kita menjadi terbantu oleh grup yang kita punya tanpa harus menimbulkan kegaduhan untuk menanyakan hal yang saya tidak mengerti kepada dosen.
Advertisement




Dengan berlatih menulis, disamping dapat meningkatkan pemahaman kita pada mata kuliah tertentu, mahir menulis bahasa inggris juga meningkatkan kemampuan kita dalam bersosialisasi. Seperti kita ketahui bahwa sekarang banyak fitur – fitur chatting yang bisa langsung saya gunakan untuk mengirim pesan menggunakan bahasa inggris.

Memang tidak saya  dipungkiri bahwa, semua kecakapan bahasa inggris sangat penting untuk dipelajari dan dilatih. Tetapi menurut saya ketika saya berlatih membuat tulisan dalam bahasa inggris, baik esai ataupun makalah, disitu saya harus membaca berbagai sumber yang menjadi acuan bahan tugas saya. Secara otomatis, saya juga berlatih membaca buku-buku berbahasa inggris.

Dan sebagai tambahan, menurut saya, ketika dosen memberikan tugas presentation, disamping saya berlatih berbicara, saya juga sekaligus berlatih mendengarkan kepada teman-teman yang berurutan untuk menampilkan tugas presentation-nya. Maka dari itu berlatih menulis dan berbicara sangat saya sukai ketika belajar bahasa inggris.

4. Lebih mudah mengerti dalam music dan film berbahasa inggris
Di rumah, saya sering mendengarkan musik yang mengunakan bahasa inggris, saya juga sering menonton film-film Hollywood dan box office melalui televisi. Ataupun terkadang menonton film dan video pembelajaran di internet. Karena saya belajar bahasa inggris di perguruan tinggi, dan sebagai tambahan saya juga belajar bahasa inggris di tempat kursus. Sehingga, saya sering memahami dengan mudah lirik – lirik lagu yang  berbahasa inggris yang menjadi kesukaan saya. Saya jadi merasa percaya diri untuk menyanyikannya di depna tema – teman saya di kampus ataupun dikelas pada saat jam istirahat.

Dalam hal menonton film di telivisi ataupun internet, saya lebih sering memperhatikan dan mendengar dialog dari aktor dan aktris film tersebut. Karena jika saya membaca subtitle bahasa Indonesia, saya tidak bisa melihat jalan cerita  ataupun yang jadi permasalahan di film tersebut. Lagipula terjemahan dalam bahsa Indonesia tersebut terlalu singkat untuk ditampilakn. Terkadang, belum selesai saya membaca, tulisan terjemahannya sudah terganti. Makanya saya berusaha keras untuk mendengar langsung bahasa yang di gunakan pemain – pemain film tersebut.

5. Menambah income
Ketika lulus kuliah, tentu hal yang akan menjadi poin utama saya adalah bekerja. Tentu saja bekerja dalam bidang yang berkaitan dengan bahasa inggris. Tetapi pada saat saya masih kuliah dan belum menjalankan pekerjaan saya secara profesional, akan banyak tawaran part-time yang berhubungan dengan bahasa inggris.

Terjemahan adalah hal yang sangat dibutuhkan di dunia pendidikan ataupun dikampus tempat saya kuliah. Karena terkadang teman-teman saya yang berbeda jurusan pun sangat membutuhkan jasa penerjemah. Selain penerjemah, mengajar kursus ataupun bimbingan belajar adalah hal yang menguntungkan saya ketika saya belajar bahasa inggris. Banyak kursus, baik privat ataupun regular, membutuhkan mahasiswa yang mampu berbahasa inggris.

Jadi, walaupun orangtua saya masih bisa membiayai saya untuk kuliah, tetapi pengalaman kerja yang menjadi hal utama dalam dunia pekerjaan tidak dapat tergantikan. Apabila kamu mempunyai waktu lebih, ataupun bisa mengatur waktu kuliah dan pekerjaan part-time, saya yakin kamu akan mendapat dua keuntungan. Selain uang tentu saja yang terpenting pengalaman kerja, sehingga apabila kita telah berkecimpung di dunia kerja secara profesional,,kita menjadi terbantu dengan pengalaman yang telah kita dapatkan selama kuliah.

Ada hal – hal yang menjadi kesukaan, tentu ada juga hal hal yang menjadi kendala saya dalam belajar. Di Setiap jurusan perkuliahan tentu akan ada beberapa kendala dalm proses pembelajaran. Seperti yang saya sebutkan diatas, kita sebagai pembelajar jangan langsung berputus asa. Tetap semangat dalam proses belajar dan lalui proses itu dengan kesabaran. Hal – hal berikut adalah hal – hal yang terkadang menjadi kendala saya dalam belajar bahasa inggris:
Advertisement




1. Pelafalan (Pronunciation)
Pronunciation atau pelafalan menjadi hal yang utama dalam berlatih berbicara. Karena dalam berbicara tentu kita melafalkan banyak kosakata bahasa inggris yang menjadi topik percakapan.
Membawa kamus pronunciation merupakan hal yang wajib yang saya lakukan, karena kamus tersebut merupakan alat bantu utama saya dalam belajar bahasa inggris, terutama pelafalan. Saya tidak merasa rendah diri, apabila tiba-tiba dosen tertawa mendengar pengucapan bahasa inggris saya yang menggelikan untuk beliau dengar, ataupun teman yang tiba –tiba mengenyitkan dahi ketika kita mengucapkan kata bahasa inggris, hal tersebut saya anggap wajar ketika saya sedang belajar pelafalan. Saya terus berlatih , sehingga saya akan tahu letak kesalahan saya dalam pelafalan.

2. Kosa kata (Vocabulary)
Bahasa inggris mempunyai banyak kosakata yang harus saya hafal. Banyak kosakata yang harus saya ucapkan berdasarkan mata kuliah yang saya pelajari. Contohnya ketika saya harus banyak mengingat kosakata dalam introduction to literature, tentu akan beda dengan kosakata yang dengan mata kuliah Tourism. Hal tersebut yang terkadang membuat saya harus lebih serius lagi dalam menghapal kosakata Bahaa Inggris.

3. Tata bahasa (Grammar)
Ada lebih dari sepuluh tata bahasa dalam bahasa inggris, mulai dari bentuk past, present dan future, akan sulit sekali bagi saya apabila saya tidak menyukai pembelajaran menulis bahasa inggris. Karena saya tidak akan terbiasa dalam menggunakan perbedaan tata bahasa tersebut dalam kalimat.

Saya terkadang merasa bingung dalam penggunaan tatabahasa tersebut. Dan apabila sudah menulis suatu kalimat ataupun paragraf, saya tidak merasa yakin dengan penggunaan waktu pada tatabahasa tersebut. Meminta bantuan teman ataupun dosen sangatlah penting dalam mempelajari tata bahasa inggris, memang banyak sekali aplikasi dan model pembelajaran yang dapat kita gunakan, tetapi hal yang terpenting adalah berdiskusi bersama teman dan dosen di kampus ataupun di tempat kursus.

4. Perbedaan dalam penggunaan bahasa
Apabila dalam penghapalan kosakata menjadi hal yang sulit saya lakukan dalam mata kuliah. Hal lain yang menjadi kesukaran saya dalam belajar bahasa inggris adalah perbedaan situasi dalam penggunaan bahasa. Seperti saya sadari bahwa ketika saya berbincang dengan dosen di kantor, atau dalam presentation di kelas, tentu akan berbeda dengan bahasa yang saya gunakan di kantin bersama teman, ataupun ditempat wisata.

Situasi yang berbeda-beda pun menjadi kendala dalam belajar bahasa inggris, terutama dalam pemilihan kosakatanya. Saya harus bisa mmbedakan situasi resmi ataupun tidak resmi berdasarkan kosakata yang saya pelajari. Jadi saya harus banyak berlatih menggunakan kosakata bahasa inggris diberbagai situasi, sehingga akan memahami dan terbiasa dengan perbedaanya.

5. Bahasa slang (Slang Language)
Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa inggris mempunyai bahasa slang yang terkadang tidak terdapat di kamus ataupun pada pembelajaran di kelas. Mau tidak mau saya harus mengerti bahasa slang dalam bahasa inggris tersebut. Sehingga saya tahu orang atau teman yang bersikap tidak sopan kepada saya, dan mungkin harus dibatasi dalam bergaul

Sebelum saya mempelajari bahasa slang, ataupun sering disebut street language. Ada beberapa teman yang sering mengucapkan bahasa yang tidak saya mengerti artinya, karena jarang terdengar di kelas ataupun diucapkan oleh teman-teman main saya.

Penasaran dengan bahasa tersebut, dan saran dari dosen, bahwa ada kamus slang language yang dijual di toko-toko buku, akhirnya saya dan teman membeli kamus tersebut.

Selanjutnya: Cara mudah dan cepat dalam belajar bahasa inggris.
-----
Oke ya, itulah beberapa suka duka dalam belajar bahasa inggris yang pernah saya alami. Semoga cerita saya di atas bermanfaat dan memotivasi kalian untuk selalu meningkatkan kemampuan english kalian. Jangan lupa share artikel ini juga, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon